Peristiwa Sejarah

Peristiwa Sejarah
Peristiwa masa lalu adalah sebuah kaca benggala masa depan

Proklamasi Kemerdekaan RI

History is Event. Pilih Menu, Temukan Video Sejarah Indonesia, Lalu Klik, Tonton Filmnya !!!

Alhamdulillah Langsung Lulus Sertifikasi Guru

Alhamdulillah Langsung Lulus Sertifikasi Guru
Bermodalkan spirit membangun kualitas pendidikan dan anak bangsa yang lebih baik, meski belum begitu lama mengabdikan keilmuawan dan belum memiliki Akta IV karena bukan dari fakultas keguruan, (namun bermodalkan masa lalu aktif di dunia kampus), berkiprah membangun amanah membimbing pusparagam kegiatan kesiswaan dengan iklhas, memiliki sejumlah karya tulis, bermodalkan spirit inovasi dan kreatifitas, BISA LULUS SERTIFIKASI GURU SECARA LANGSUNG. Sebuah tantangan lebih mengasyikan, melahirkan penerus umat- bangsa masa depan yang lebih baik. -------- Terima kasih murid-muridku yang telah banyak menginspirasi mengajar lebih baik. Selamat berjuang meraih prestasi bagi anak-anaku yang dulu pernah berdialektika dikelas dan sekarang sedang menempuh pendidikan tinggi di ITB, UI, UGM, UNPAD, UPI, UNDIP, Unsoed, UIN, Unitirta, Malaysia, Al Azhar Mesir, dll.... Mudah-mudahan ananda semua mampu meraih puncak prestasi akademik Doktor hingga Profesor di usia muda. Bangun umat dan bangsa dari keterpurukan. !!!. ----- Selamat berjuang bagi anak-anaku yang saat ini selalu berinterkasi di ruang kelas. Wujudkan mimpi bisa diterima di PTN unggulan seperti kakak mu dulu. Mari terus mengembangkan spirit keilmuwan di sekolah tercinta !!

1 Des 2007

Dialektika Sejarah

Sejatinya Belajar Sejarah


Belajar sejarah ?. Ach biasa. Sejak pake baju putih merah hingga putih biru kita udah koq dapet pelajaran Sejarah. Paling ngapalin angka-angka tahun, kerajaan, atau yang berbau masa lalu, githu. Kuno kali !!!----------------------------


Ungkapan tersebut senantiasa meluncur mulus dari lubuk hati anak sekolahan ketika ditanya, ngapain juga ya kita belajar Sejarah ?. Hampir semua akan koor mengatakan seperti itu.Pelajaran sejarah memang bukan sesuatu yang baru. Sedikitnya, udah delapan tahun bagi siswa kelas 1 SMA menjumpai pelajaran sejarah sejak kelas 2 SD hingga 3 SLTP. Dan di SMA, genap tiga tahun bakal nongkrongin pelajaran Sejarah.
Seperti biasa, umumnya pelajaran ini selalu dianggap sebagai suplemen, alias pelajaran daripada ...... apa gitu. Sehingga banyak yang berkata kagak begitu ngeh dibuatnya.Ya, kita umumnya telah terperangkap pandangan pertama seperti itu. Pandangan pertama yang tidak membuat jatuh hati. Wajar kalo kemudian sejarah memiliki bobot biasa. Apalagi, ndak bisa nutup mata, sejumlah bahasan nantinya bakal ditemukan seakan mengulang-ulang materi yang pernah disampaikan selagi pakai baju putih biru.
So, kalo gitu apa pentingnya belajar sejarah ?. Apapula perbedaan belajar sejarah di SD, SLTP, dan SMA ?
Sejatinya, untuk tingkatan SD sejarah semata-mata ditujukan guna menanamkan rasa cinta kepada perjuangan, pahlawan, tanah air, dan bangsa.Untuk tingkat SLTP sejarah memunculkan sikap etis, yakni menanamkan pengertian bahwa kita hidup bersama orang, masyarakat, dan kebudayaan lain, baik yang dulu maupun yang sekarang.
Lalu, buat anak SMA?. Sesuai tingkatan usia yang lagi “mencari jejak masa depan” , bagi anak SMA sejarah itu musti digeluti secara kritis. Kita kudu faham suatu makna mengapa suatu peristiwa itu terjadi, apa sebenarnya yang telah terjadi, dan kemana arah kejadian-kejadian itu.Segala jejak peristiwa dimuka bumi sudah saatnya mulai kita cerna kausalitasnya, kita buat benang merah sabab musabab terjadinya suatu peristiwa, hingga membentuk suatu jembatan yang menghubungkan masa lalu - masa kini - masa depan.Memaknai SejarahMenurut para ahli, sejarah secara etimologis berasal dari bahasa Arab, syajarotun -- syajarah; bermakna pohon. Pohon memiliki makna pilosofis, patah tumbuh hilang berganti.
Coba kita bayangkan bagaimana terjadinya suatu pohon, rambutan misalnya. Berasal dari sebuah biji kemudian tumbuh tunas, menjadi tumbuhan, berdaun, membesar, tumbuh batang, ranting, daun, berbunga, kemudian berbuah.
Namun dalam rentang pertumbuhannya, tak semua daun merekah. Tak semua bunga menjadi buah. Tak semua buah menjadi matang. Tak semua buah matang berasa manis. Tak semua buah berasa manis tumbuh secara bersama.
Begitu pula dalam perjalanan hidup anak manusia. Semua akan tumbuh dan berkembang. Namun dalam alur perjalanannya, tak semua tumbuh dengan mulus. Selalu ada yang jatuh bangun. Mati satu tumbuh seribu Siapa kuat dia yang menikmati.
Karena itu, orang Yunani bilang history, historia, sejarah adalah catatan tentang orang pandai. Artinya, hanya orang yang pandai, mampu mengambil peran besar bagi masyarakatnya, akan dicatat tinta emas sejarah.
Dari makna filosofis seperti itu, sejarah itu ilmu kaya apa sich? DR. Kuntowijoyo, cendikiawan muslim sejarahwan UGM memberikan gambaran tentang sejarah. Menurutnya ada empat dimensi ilmu sejarah. (1) Sejarah ialah ilmu tentang manusia, ilmu yang mengkaji kehidupan manusia pada masa lalu. (2) Sejarah sebagai ilmu tentang waktu. Membicarakan tentang perkembangan, kesinambungan, pengulangan, dan perubahan yang dialami oleh ummat manusia. (3). Sejarah ialah ilmu tentang sesuatu yang mempunyai makna sosial. (4) Sejarah ialah ilmu tentang sesuatu yang tertentu, satu-satunya, dan terinci. Detail, unik,
Dengan dimensi yang luas itu, apa guna mempelajari sejarah?. Secara garis besar ada dua guna sejarah, yaitu guna intrinsik yakni bermanfaat bagi sejarah itu sendiri, dan guna ekstrinsik, yakni bermanfaat bagi penikmat/ pemakai sejarah.
Guna Instrinsik mencakup sejarah sebagai ilmu, sejarah sebagai cara untuk mengetahui masa lalu, sejarah sebagai pernyataan pendapat, dan sejarah sejarah sebagai profesi.Guna Ekstrinsik meliputi sejarah sebagai pendidikan moral, sejarah sebagai pendidikan penalaran, sejarah sebagai pendidikan politik, sejarah sebagai pendidikan kebijakan, sejarah sebagai pendidikan perubahan, sejarah sebagai pendidikan masa depan, sejarah sebagai pendidikan keindahan, sejarah sebagai ilmu bantu, sejarah sebagai latarbelakang, sejarah sebagai rujukan, dan sejarah sebagi bukti.
Gambaran pentingnya sejarah senafas dengan ajaran Islam. Bahkan 2/3 isi Alquran itu sendiri adalah sejarah. Kisah-kisah manusia masa lalu yang harus diambil ibrah-nya, dijadikan cermin sikap dan keteladanan yang harus dilakukan ataupun dilakukan untuk hidup lebih hidup dan bermanfaat masa kini dan masa datang.
Pentingnya mengambil kisah masa lalu, seorang ilmuwan muslim Ibn Khaldun yang banyak menulis tentang sejarah mengungkapkan, segala peristiwa dimuka bumi tunduk kepada suatu hukum perubahan, sunatullah, cakramanggiling. Artinya dari setiap peristiwa yang dialami ummat yang lalu akan terulang lagi walau tidak sama persis. Sebagai contoh dulu peradaban Islam merangkak, melangkah sampai berlari meninggalkan kemajuan IPTEKS bangsa Eropa yang sebelumnya telah maju. Saat Islam dipuncak kejayaan, masyarakat Eropa sedang mengalami “The Dark Age”. Namun kemudian peradaban Islam mundur, dan Eropa naik bahkan berlari kencang hingga sekarang.
Peristiwa itulah yang dikatakan Ibnu Khladun sebagai sebuah cakra manggiling. Karena itu, suatu ketika maka Islampun akan mencapai puncak kemajuan lagi.Menurut pandangan historis Ibnu Khaldun, kenyataan itu juga sebagai sebuah sunnah sebagaimana firman Allah dalam QS Ali Imran ayat 137. Allah berfirman, sesunggguhnya telah berlalu sebelum kamu sunnah-sunnah Allah. Karena itu berjalanlah dimuka bumi dan perhatikanlah bagaimana akibat (yang ditimpakan) kepada orang-orang yang mendustakan Allah.
Ya, kemunduran perdaban Islam salah satunya karena memang sebagian besar ummat pada waktu itu tidak mau lagi tunduk dan taat kepada perintah Alloh melalui Alquran dan As Sunnah.Arti penting Alquran sebagai pedoman sejarah tertulis jelas didalam QS Ali Imran 138. Allah berfirman, Ini (Al Quran) merupakan penjelasan bagi manusia dan sebagai petunjuk dan nasehat bagi orang-orang yang bertaqwa.
Selanjutnya, didalam surat Yusuf 111 Alloh juga berfirman, Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat engajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Didalam QS Hud 120 ......dan semua kisah (rasul rasul kami) ceritakan padamu ialah kisah kisah yang dengannya kami teguhkan hatimu, dan dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman.
***
Dari uraian di atas, jelas khan betapa penting belajar sejarah itu?. Jadi kalo mau jujur, belajar sejarah sesungguhnya adalah belajar meneladani perilaku manusia masa lalu.Setiap desah nafas kita adalah perjalanan sejarah hidup kita. Karenanya, memaknai sejarah bukan belajar kerajaan melulu. Tetapi, bagaimana akhlaq, perilaku, dan hidup kita menjadi lebih baik, itu belajar sejarah sesungguhnya.

Tidak ada komentar:

Feature

“ANDAI……..AKU JADI PRESIDEN"


INDONESIA……aku bangga tinggal di sini. Tanahnya subur, rakyatnya makmur. Walaupun….kini keadaannya berubah ke arah yang lebih…..ya….bisa dikatakan tidak lebih baik. Kata orang sih itu murka dari Tuhan. Tapi siapa tahu saja, Tuhan mencintai hamba-Nya dengan cara seperti ini. Dia kan penuh dengan rahasia yang tak mungkin seorang pun tahu.

Andai aku jadi presiden di negeri ini, hal yang pertama akan aku lakukan adalah membuat semua rakyat percaya padaku. Aku melakukan hal itu karena bagaimana mungkin negara yang aku pimpin akan aman dan sejahtera jika rakyatnya sendiri banyak buruk sangka pada pemimpinnya. Tapi aku tak akan susah-susah berkata tentang kebaikan diriku pada mereka. CAPE! Daripada aku banyak bicara tentang janji-janji, lebih baik aku langsung “turun” ke masyarakat. Mungkin itu seperti mustahil.

Ya…..mustahil sih kalau memang tidak diniatkan sebagai ibadah. Pekerjaan sebagai presiden kan juga ibadah! Gini caranya, aku akan menghabiskan masa liburanku dengan mengunjungi provinsi-provinsi secara bergiliran,daripada jalan-jalan keluar negeri!

Kalau masalah pekonomian, aku akan memutuskan agar tidak usah meminjam dana dari luar negeri lagi. Cara lain untuk mendapatkan dana ialah dengan mengoptimalisasikan tenaga kerja di negeri ini.

Setelah aku amati, ternyata banyak tenaga kerja berkualitas yang masih menganggur. Dan yang aku tahu, mereka bukannya tidak berusaha, tapi mereka sulit sekali diterima bekerja karena tidak punya kenalan di tempat mereka melamar pekerjaan.

Setelah itu, aku akan mengerahkan mereka agar sumber daya alam Indonesia yang beraneka ragam dikelola dengan sebaik-baiknya, daripada dikelola oleh perusahaan-perusahaan luar negeri yang hanya memberikan sedikit imbalan untuk kekayaan alam yang berlimpah itu.

Yang paling penting, aku akan berbuat adil kepada semua daerah di negara Indonesia. Yang aku tahu, adil bukan berarti sama tapi, menempatkan sesuatu pada tempatnya atau menerima hak tanpa lebih dan memberi hak tanpa kurang. Artinya, apabila suatu daerah lebih banyak menghasilkan sumber daya alam untuk diolah, maka pendapatan yang akan diterima oleh daerah itu akan lebih banyak. Mungkin dengan cara seperti itu, daerah tertinggal yang banyak menghasilkan kekayaan alam bisa terbantu.

Hal yang juga penting bagi makmurnya suatu negara adalah pendidikan rakyatnya. Memang, sekarang ini sekolah dianggap sebagai beban bagi rakyat kecil. Padahal, kebanyakan dari mereka memiliki semangat untuk benar-benar mencari ilmu, bukan sekedar gengsi saja. Tapi semua itu tidak didukung dengan kemujuran mereka sebagai warga suatu negara.

Oleh karena itu, aku akan mengadakan suatu seleksi untuk mencari anak-anak yang memiliki motivasi tinggi yang memang tidak mampu untuk sekolah. Kemudian, mereka masing-masing akan dikelompokkan berdasarkan kemampuan yang mereka miliki.

Setelah itu, mereka akan dilatih lebih terampil dalam menggunakan kemampuannya, sampai akhirnya bisa bekerja dengan kemampuannya itu. Sementara itu, hal pertama untuk meningkatkan pendidikan bagi yang sudah mampu membiayai sekolah, ialah dengan membuat bersekolah itu tidak sia-sia baginya. Mereka tidak usah mempelajari semua pelajaran di sekolah. Mereka cukup mempelajari mata pelajaran yang menunjang bagi masa depan mereka(tujuannya agar pikiran mereka tidak bercabang-cabang), karena buat apa mereka sekolah kalau hanya untuk mendapatkan nilai bagus (bagaimanapun caranya) tanpa ada bekasnya! Mereka perlu pengembangan potensi diri untuk masa depan! Mungkin sistem ini semacam penjurusan bakat semenjak dini, seperti di negara-negara maju di dunia.

Indonesia memiliki ragam kebudayaan daerah yang sangat tinggi. Untuk menjaganya agar tetap lestari, aku akan mengadakan semacam pergelaran akbar di dalam maupun di luar negeri yang khusus menampilkan pertunjukan kebudayaan-kebudayaan itu setiap tahunnya (jadi Indonesia tidak hanya terkenal dengan pergelaran musik pop atau dangdutnya saja tapi kebudayaannya juga). Ketika pergelaran itu berlangsung, aku akan mengundang utusan-utusan dari luar negeri. Hal itu dilakukan agar penduduk dari setiap daerah terpacu untuk tetap mempertahankan kebudayaan daerah tempat mereka berasal. Selain itu, masyarakat luar negeri pun akan tahu kekayaan kebudayaan kita. Dan siapa tahu saja dapat lebih meningkatkan devisa bagi negara.

(Buah pemikiran . LISMA NURUL WB. ketika sedang menuntut ilmu di SMA AL MUTTAQIN TASIKMALAYA KELAS 1.1 Tahun Akademik 2003-2004. Kini sedang melanjutkan studi di Sekolah Farmasi ITB)